https://jazirah.times.co.id/
Life Style

Catat! Ini Nutrisi Penting saat Puasa untuk Menjaga Kesehatan Anak

Sunday, 17 March 2024 - 12:18
Catat! Ini Nutrisi Penting saat Puasa untuk Menjaga Kesehatan Anak Ilustrasi. Memenuhi nutrisi untuk menjaga kesehatan anak selama puasa. (Foto: Freepik)

TIMES JAZIRAH, JAKARTA – Pemilihan nutrisi yang tepat selama anak berpuasa penting untuk menjaga kesehatan anak serta memastikan proses tumbuh kembangnya tidak terganggu akibat kekurangan nutrisi saat puasa.

Ada beberapa jenis makanan yang harus dipenuhi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Berikut nutrisi-nutrisi penting yang perlu didapatkan oleh anak saat puasa.

 1. Protein

Pastikan hidangan yang disajikan saat sahur dan berbuka puasa memiliki jumlah protein yang dibutuhkan anak. Protein merupakan satu nutrisi utama yang harus dipenuhi untuk pertumbuhan anak karena zat pembangun dalam pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh. Protein banyak terkandung dalam, ikan, daging, ayam, telur, tahu, tempe, dan susu.

2. Karbohidrat

Karbohidrat sering kali dihindari karena dianggap sebagai penyebab kenaikan berat badan. Padahal, karbohidrat bermanfaat sebagai pemasok energi, agar tubuh tidak mudah merasa lelah, terutama saat berpuasa. Oleh sebab itu, karbohidrat perlu ada dalam setiap menu santap sahur dan berbuka anak.

3. Kalsium

Senyawa yang satu ini sangat dibutuhkan anak untuk mendukung pertumbuhan tulang. Tak hanya itu, memenuhi kebutuhan kalsium juga dapat membantu mempertahankan detak jantung normal serta menjaga fungsi otot dan saraf. Jenis makanan sumber kalsium, di antaranya susu, keju, yoghurt, dan brokoli.

4. Lemak

lemak pun bermanfaat untuk menyediakan energi bagi tubuh, sehingga anak tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-harinya dan tidak mudah merasa lemas, meski sedang berpuasa. Selain itu, lemak juga dapat membantu tubuh anak menyerap vitamin A, D, E, dan K, dengan lebih baik.

5. Zat Besi

Kekurangan zat besi bisa membuat si kecil mengalami anemia. Maka dari itu, orangtua harus memastikan bahwa asupan nutrisi yang satu ini sudah mencukupi kebutuhan harian anak. Zat besi dibutuhkan oleh sel darah merah dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Makanan yang banyak mengandung zat besi adalah daging, ikan, bayam, serta daging ayam.

6. Vitamin

Vitamin A, C, dan E mempunyai sifat antioksidan yang berperan dalam mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Mengonsumsi vitamin ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah Si Kecil mengalami infeksi. Banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran adalah kunci untuk memenuhi kebutuhan vitamin pada anak.

7. Serat

Makanan berserat tinggi lebih mengenyangkan daripada makanan yang rendah serat. Hal tersebut berguna untuk menghindari risiko anak makan secara berlebihan saat sahur dan berbuka. Memenuhi kebutuhan serat juga bermanfaat untuk mencegah anak mengalami sembelit yang rentan terjadi saat berpuasa.

Itulah nutrisi saat puasa yang harus dipenuhi saat anak menjalankan puasa. Nutrisi penting tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan anak dan membantu tumbuh kembangnya. (*)

Writer : Deasy Mayasari
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Latest News

icon TIMES Jazirah just now

Welcome to TIMES Jazirah

TIMES Jazirah is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.