Coffee TIMES

Ngopi Pagi: Berbuat Baik

Thursday, 06 May 2021 - 07:08
Ngopi Pagi: Berbuat Baik Noor Shodiq Askandar, Ketua PWLP Maarif NU Jatim dan Wakil Rektor 2 Unisma Malang

TIMES JAZIRAH, MALANGSAHABAT ngopi pagi, salah satu amalan yang mudah tapi penting di bulan Ramadan dan bulan lainnya adalah berbuat baik bagi orang lain. Laku ini disamping memberikan kemanfaatan kepada ummat manusia lainnya, juga dapat membuat harmoni hidup ini menjadi lebih berwarna dengan kebaikan yang banyak tercipta.

Berbuat baik dapat memberikan banyak kemanfaatan, karena atas amal baik itu biasanya ada nilai lebih yang tercipta. Ada nilai tambah yang muncul atas sebuah barang, jasa, dan peristiwa. Saat terjadi kecelakaan, maka menolong yang lagi kesusahan adalah bagian dari jasa kebaikan. Begitu juga orang yang membuat produk dengan niat mempermudah orang lain memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan, juga menjadi bagian dari berbuat baik.

Selanjutnya, atas kebaikan itu juga akan menjadikan masing masing orang bisa mendapatkan kebahagiaan. Kehadiran kita pada orang yang berduka, paling tidak bisa menghilangkan sejenak ingatan dan rasa sedih yang mendera. Dalam bahasa yang lebih sederhana, kebaikan itu muncul dengan keberadaan kita dan kemudian turut meringankan beban orang lain yang lagi mendapatkan peringatan, maupun ujian dari Allah swt.

Tentu tidak hanya persoalan menyenangkan dan meringankan beban saja sebagai kemanfaatan dari kebaikan. Atas kebaikan yang dilakukan, Allah swt juga menjanjikan untuk memberikan kebahagiaan dunia dan pahala yang baik di akhirat.Hal ini sebagaimana ditegaskan dari surat Al Imron ayat 148. Kemudian Allah berfirman dalam surat al hajj 37 “Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang orang yang berbuat baik”.

Rasulullah saw sendiri bersabda “Semua amal baik Bani Adam akan dilipatgandakan sepuluh kali sampai dengan ratusan kali lipat. Allah azza wajallah berfirman “kecuali puasa, maka ia untukku dan Aku yang akan memberikan pahalanya (HR. Muslim).

Singkat kata, tidak pernah ada ruginya orang yang berbuat kebaikan. Karena atas kebaikan itu bisa bermanfaat disamping bagi orang lain, akan tetapi juga bermanfaat bagi diri sendiri secara berlipat sebagaimana janji Allah swt yang pasti kebenarannya. Oleh karenanya selalulah berusaha dalam setiap detik nafas kehidupan, selalu ada kebaikan yang dilakukan. Bagaimana dengan sahabat ngopi pagi semua ???

 

***

*) Oleh : Noor Shodiq Askandar, Ketua PWLP Maarif NU Jatim dan Wakil Rektor 2 Unisma Malang.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

 

___________

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

Writer :
Editor : Yatimul Ainun
Tags

Latest News

icon TIMES Jazirah just now

Welcome to TIMES Jazirah

TIMES Jazirah is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.