Life Style

Kkwabaegi Donat Kepang Korea Cemilan Manis Temani Hujan

Tuesday, 29 November 2022 - 09:02
Kkwabaegi Donat Kepang Korea Cemilan Manis Temani Hujan Kkwabaegi donat kepang asal Korea cemilan manis temani hujan. (FOTO: Instagram/sharonphuaa)

TIMES JAZIRAH, JAKARTA – Hujan mengguyur hampir setiap hari. Tak perlu dicela, nikmati saja hujan dengan secangkir minuman hangat dan cemilan manis. Kkwabaegi sepertinya enak ya!

Kkwabaegi merupakan donat kepang asal Korea. Makanan ini salah satu jajanan populer di Korea Selatan. Selain di toko roti, Kkwabaegi juga banyak dijual oleh pedagang kaki lima di pinggir jalan. 

Kkwabaegi memang donat, hanya saja bentuknya dikepang jadi makin menggemaskan. Makin nikmat dengan taburan gula dan kayu manis di atasnya. 

Bikin Kkwabaegi gampang kog, yaa mirip donat gitu deh. Begini resepnya.

Bahan-bahan:

250 gram tepung terigu
180 ml susu cair
35 gram mentega
2 sdm gula pasir
1 sdt ragi instan
1/4 sdt garam

Pelengkap (topping)
Gula halus 
kayu manis bubuk 

Cara membuat:

Campurkan gula dan susu cair, lalu tambahkan ragi instan. Setelah itu, tambahkan mentega yang sudah dilelehkan. Aduk merata.

Masukkan campuran susu tersebut ke dalam wadah berisi tepung terigu dan garam. Kemudian, aduk merata hingga adonan tidak lengket.

Diamkan adonan selama 45-60 menit, hingga mengembang dua kali lipat. Tutup wadah dengan lap bersih.

Setelah mengembang, kempeskan adonan dan bagi menjadi 10 bagian. Bulatkan masing-masing adonan, lalu istirahatkan kembali selama 15 menit.

Kkwabaegi-Donat-Kepang-a.jpgadonan kkwabaegi. (FOTO: ig kitcheniets) 

Bentuk adonan menjadi kepangan. Caranya, satu bagian adonan, lalu pipihkan, kemudian gulung memanjang. Setelah itu, kedua ujungnya dipelintir ke arah berlawanan, kemudian dikepang jadi satu.

Diamkan adonan kembali selama 15-30 menit hingga mengembang.

Panaskan minyak agak banyak, lalu goreng adonan hingga kuning keemasan. Sajikan dengan topping gula halus dan kayu manis bubuk. 

Tips membuat Kkwabaegi anti gagal:

Pastikan Anda menggunakan ragi instan yang masih aktif supaya adonannya bisa mengembang sempurna. 

Goreng adonan dengan api kecil supaya adonannya tidak mudah gosong dan bisa matang merata. 
Sebelum diberi topping gula halus dan bubuk kayu  manis, pastikan untuk meniriskan kkwabaegi terlebih dahulu supaya topping tidak meresap pada Kkwabaegi yang sudah digoreng. 

Wah asik nih menikmati hujan dengan cemilan manis ala Korea Kkwabaegi, sambil nonton drakor kesayangan. Selamat mencoba. (*)
 

Writer :
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Latest News

icon TIMES Jazirah just now

Welcome to TIMES Jazirah

TIMES Jazirah is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.