News

Tampung Aspirasi Warga, Disdukcapil Magetan Gelar Dukcapil Menyapa Masyarakat

Friday, 18 September 2020 - 18:30
Tampung Aspirasi Warga, Disdukcapil Magetan Gelar Dukcapil Menyapa Masyarakat Kepala Disdukcapil Magetan, Hermawan dalam acara bertajuk Dukcapil Menyapa Masyarakat melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (18/9/2020). (Foto: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)

TIMES JAZIRAH, MAGETANDisdukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) Magetan, Jawa Timur menggelar acara bertajuk Dukcapil Menyapa Masyarakat secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (18/9/2020). Kegiatan itu berlangsung selama satu jam mulai pukul 09.00 WIB melalui link tinyurl.com/DukcapilMenyapa. Tujuannya, untuk menjaring keluhan, saran dan permasalahan di masyarakat terkait pengurusan dokumen administrasi kependudukan (adminduk).

"Kami ingin ada dialog dua arah antara Disdukcapil dengan masyarakat. Sehingga, hambatan dan keluhan-keluhan di masyarakat itu bisa segera kami respons serta tindak lanjuti," kata Kepala Disdukcapil Magetan, Hermawan.

Kepala Disdukcapil Magetan b

Dia berharap masyarakat bisa ikut berpatisipasi dengan memberikan masukan atau bertanya tentang adminduk. Rencananya, program tersebut bakal diselenggarakan secara berkala dan bisa diikuti semua lapisan masyarakat melalui link aplikasi zoom meeting yang akan dishare ke publik. "Acara ini akan kami gelar secara rutin setiap bulan. Harapannya masyarakat bisa menyampaikan keluhan, kritik dan saran agar kita setiap saat bisa terus memperbaiki apa yang sudah dilakukan," ungkapnya.

Menurut Hermawan, Dukcapil Menyapa Masyarakat merupakan program dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) untuk semua Disdukcapil di kabupaten, kota, maupun provinsi. "Eranya sekarang membahagiakan masyarakat, mulai dari persyaratan dipangkas, kemudian proses cepat dan gratis. Ini sesuai visi dan misi bupati untuk mempermudah masyarakat dan arahan dari Ditjen Dukcapil untuk memudahkan dan membahagiakan masyarakat," jelasnya.

Kepala Disdukcapil Magetan c

Berdasarkan pantauan TIMES Indonesia, kegiatan yang digelar Disdukcapil Magetan hari ini berjalan lancar. Juga, antusiasme masyarakat begitu tinggi dalam berpartisipasi dibuktikan dengan bertanya seputar adminduk. Sebelum dibuka sesi tanya jawab, Hermawan terlebih dahulu menyosialisasikan berbagai program dan layanan unggulan Disdukcapil Magetan guna mendorong Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA). (*)

Writer : M Kilat Adinugroho Syaifullah
Editor : Bambang H Irwanto
Tags

Latest News

icon TIMES Jazirah just now

Welcome to TIMES Jazirah

TIMES Jazirah is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.