News

182 Pengurus Alumni Connect PPI Dunia Dikukuhkan, Ini Latar Belakang Mereka

Saturday, 02 December 2023 - 20:02
182 Pengurus Alumni Connect PPI Dunia Dikukuhkan, Ini Latar Belakang Mereka Sejumlah 182 pengurus Alumni Connect PPI Dunia periode 2023-2026 setelah proses pengukuhan. (Foto: Alumni Connect PPI Dunia)

TIMES JAZIRAH, JAKARTAAlumni Connect PPI Dunia dengan bangga melantik pengurusperdana mereka pada Sabtu (2/12/2023). Sebanyak 182 pengurus untuk periode 2023-2026 dilantik menggambarkan keragaman dan pluralitas yang menjadi kekayaan organisasi ini.

Mereka tidak hanya mewakili keberagaman geografis sebagai Alumni Pelajar Indonesia di luar negeri, tetapi juga membawa latar belakang dari berbagai disiplin ilmu, dan mewakili berbagai negara di seluruh dunia.

"Keberhasilan organisasi ini terletak pada kemampuannya untuk merangkul keragaman. Pengurus yang baru dilantik bukan hanya sekadar representasi fisik, tetapi juga manifestasi dari kontribusi berbagai perspektif untuk memajukan Visi Indonesia 2045," 

Keragaman Geografis dan Disiplin Ilmu di Berbagai Dunia

Pengurus yang dilantik berasal dari 55 Ikatan Alumni Luar Negeri yang tersebar di seluruh penjuru dunia, menciptakan jejaring yang luas dan mendalam. Mereka membawa pengalaman unik dari setiap sudut bumi, dari Amerika Utara hingga Asia, Eropa hingga Australia, menciptakan satu kesatuan dalam keberagaman.

Kekuatan pengurus ini terletak pada latar belakang akademis yang beragam. Dari ilmu sosial hingga teknik, seni hingga ilmu kesehatan, para pengurus mewakili berbagai disiplin ilmu. Ini menjadi modal berharga dalam merancang dan menjalankan program-program yang komprehensif dan relevan.

Para pengurus juga menunjukkan kehadiran global Alumni Connect PPI Dunia dengan mewakili berbagai negara di dunia. Dari Indonesia hingga Jerman, Malaysia hingga Kanada, para pengurus membawa pengalaman dari berbagai konteks ke dalam organisasi ini.

Pengurus Alumni Connect PPI Dunia

Pengurus yang dilantik mencakup berbagai posisi strategis, mulai dari Dewan Pembina yang terdiri dari tokoh-tokoh terkemuka hingga Direktorat yang akan memimpin implementasi program dan inisiatif organisasi.

Salah satu Dewan Presidium, Nikkolai Ali Akbar Velayati mengungkap bahwa keberagaman latar belakang seluruh jajaran pengurus yang dilantik, baik itu dari segi generasi hingga disiplin ilmu, menunjukkan betapa kayanya sumber daya organisasi ini.

"Hal ini tentunya dapat dioptimalkan demi mencapai tujuan bersama Alumni Connect PPI Dunia. Sesuai dengan namanya, Alumni Connect PPI Dunia berfungsi untuk mengkoneksikan seluruh elemen alumni PPI, baik yang sudah kembali ke Indonesia maupun masih berkarya di luar negeri," ungkapnya.

Selain pengurus, acara ini juga dihiasi dengan pandangan dan kontribusi dari sejumlah tokoh terkemuka. Sebut saja Prof. Arif Satria (Ketua Forum Rektor Indonesia), Laksana Tri Handoko (Kepala BRIN), dan Tedi Bharata (Deputi SDM TI BUMN RI).

Dr. Ing Ilham Akbar Habibie (Ketua Wantiknas/ Ilthabie) dan Irwanda Wisnu Wardhana, PhD. (Kepala Pusat Riset Koperasi, Korporasi, dan Ekonomi Kerakyatan BRIN) juga menghadiri acara tersebut.

Mereka tidak hanya memberikan pandangan mendalam mengenai "Visi Indonesia 2045: Implementasi Strategis Ikatan Alumni Luar Negeri" tetapi juga turut menjadi Dewan Pembina dalam kepengurusan Alumni Connect PPI Dunia 2023-2026.

Tantangan dan Peluang ke Depan

Dengan jumlah pengurus yang signifikan dan dukungan dari Dewan Pembina yang luar biasa, Alumni Connect PPI Dunia berada di posisi yang kuat untuk menghadapi tantangan dan menjalankan program-program strategis untuk mendukung visi Indonesia 2045.

“Alumni Connect PPI Dunia berencana untuk membuat buku yang berisi gagasan dan ide dari Alumni Luar negeri, buku ini diharapkan menjadi jawaban akan tantangan dari realisasi Visi Indonesia Emas 2045, melihat keragaman disiplin ilmu, perspektif dan kepakaran yang menjadi kekuatan tersendiri dari Alumni-alumni yang pernah menempuh studi di luar negeri,” ujar Achmad Aditya, Koordinator Dewan Presidium.

Kepengurusan Alumni Connect PPI Dunia 2023-2026 berkomitmen untuk memimpin dengan integritas dan mendorong kolaborasi global dalam mendukung visi dan perkembangan Indonesia. Bersama-sama, para alumni akan menjadi kekuatan positif dalam mencapai tujuan yang lebih tinggi.(*)

Writer : Khodijah Siti
Editor : Khodijah Siti
Tags

Latest News

icon TIMES Jazirah just now

Welcome to TIMES Jazirah

TIMES Jazirah is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.